SELAMAT DATANG DI BLOG KELAS 12 IPA 1 SMAN 2 KAB.TANGERANG

Selasa, 25 November 2014

SENI KONTEMPORER ITALIA

Disusun oleh:
  • Muhammad Fauzan
  • Mutianah Silvia
  • Nanda Pramesti
  • Nur Afriyati Yakin
  • Pipit Fitriani


            SENI RUPA KONTEMPORER ITALIA
                                   

  1. 1. PENGERTIAN



  •   Pengertian Seni Rupa


       Seni Rupa adalah salah satu bagian kesenian yang penerapannya berbentuk dua atau tiga dimensi karena memiliki panjang dan lebar, serta volume. Seni rupa merupakan ungkapan gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen serta prinsip-prinsip desain.
  •   Pengertian Seni Rupa Kontemporer

       Seni Kontemporer adalah perkembangan seni yang terpengaruh dampak modernisasi dan digunakan sebagai istilah umum sejak istilah Contemporary Art berkembang dibarat sebagai produk seni yang dibuat sejak perang dunia ke 2. Istilah ini berkebang di Indonesia seiring makin beragamnya teknik dan medium  yang digunakan untuk memproduksi suatu karya seni, juga karena telah terjadi sesuatu pencampuran antara praktek dari disiplin yang berbeda, pilihan artistic dan pilihan prestasi karya yang tidak terikat batas-batas ruang dan waktu.
    Ciri-ciri senirupa modern/kontemporer sebagai berikut :

1.      Unik, yaitu tidak memiliki persamaan dengan karya seni lainnya.
2.      Individual, yaitu bersifat pribadi atau perseorangan.
3.      Universal, yaitu diperuntuk semua orang atau masyarakat luas.
4.      Ekspresif, yaitu ungkapan perasaan atau curahan jiwa.
5.      Survival, yaitu berlangsung sepanjang jaman atau abadi.

·         Keunikan seni rupa modern atau kontemporer
                       
                        Teknik adalah cara yang digunakan untuk mengolah suatu media dalam penciptaan suatu karya. Teknik berkarya seni rupa modern atau kontempurer sangat dipengaruhi oleh bahan dan alat yang digunakan membuat karya seni. Teknik berkarya seni rupa modern atau kontemporer dapat juga dipengaruhi oleh kreatifitas seseorang dalam proses pengerjaan sehingga terjadiah keunikan teknik berkarya. 
                           
·         Corak seni rupa kontemporer

                                                           
Corak atau gaya seni rupa modem diawali pada Zaman Renaissance. Kaum cerdikpandai dan seniman mulai mendapat perhatian dan bantuan serta motivasi yang menguntungkan. Pandangan yang dulu dipusatkan pada masalah ketuhanan (religius) bembah menjadi pandangan barn yang  memusatkan pada manusia (antroposentris). Selanjutnya, timbul gerakan  Luther. Ciri gambar, lukisan, dan seni pahat mengenal hukum naturalisme dan komposisi yang melebar atau horisontal. Anatomi, proporsi, perspektif, komposisi, dan tema sangat diperhatikan.


     2. Perkembangan Seni Rupa Kontemporer Italia

            Pada tahun 1914, pertengkaran pribadi menciptakan keretakan di Futurisme Italia. Pecahnya Perang Dunia Pertama pada tahun yang sama menyamar fakta bahwa Futurisme Italia telah berakhir. Boccioni hanya menghasilkan satu gambar perang dan dibunuh pada tahun 1916. Severini melukis beberapa gambar perang yang signifikan pada tahun 1915 (misalnya Perang, Armored Train, dan Palang Merah Kereta), tapi di Paris berbalik arah Kubisme dan pasca-perang dikaitkan dengan Kembali ke Orde .

            Setelah Perang, Marinetti menghidupkan kembali gerakan, berusaha untuk membuat Futurisme seni negara resmi Fasis Italia. Ekspresi utama Futurisme dalam lukisan pada 1930-an dan awal 1940-an adalah Aeropainting (aeropittura), diluncurkan pada manifesto tahun 1929, Perspektif of Flight, yang ditandatangani oleh Benedetta Cappa, Fortunato Depero, Gerardo Dottori, Fillìa, Marinetti, Enrico Prampolini, Somenzi dan tato

            Futurisme telah bergantung begitu banyak pada promosi energik oleh Marinetti bahwa kematiannya pada tahun 1944 membawa gerakan berakhir.  Akan tetapi  masih ada banyak gerakan seni di Italia yang  tersisa. Diantaranya yaitu :

  •       Novecento Italiano adalah sebuah gerakan seni Italia yang didirikan di Milan pada tahun 1922 oleh Anselmo Bucci (1887-1955), Leonardo Dudreville, Achille Funi, Gian Emilio Malerba, Piero Marussig, Ubaldo Oppi dan Mario Siron.Gerakan ini secara resmi diluncurkan pada tahun 1923 di sebuah pameran di Milan, dengan Mussolini sebagai salah satu pembicarai. The Novecento Italiano baru dipentaskan pameran kelompok pertama di Milan pada tahun 1926.

  •     Seni metafisik (Italia: Pittura Metafisica) adalah nama dari sebuah gerakan seni Italia, diciptakan oleh Giorgio de Chirico dan Carlo Carra.. Gerakan metafisik memberikan dorongan yang signifikan untuk pengembangan Dadadan Surealisme.Modernisme klasik dari abad ke-20.Pada awal abad ke-20, pematung Italia dan pelukis bergabung dengan sisa Eropa Barat dalam revitalisasi sederhana, lebih kuat, tradisi klasik kurang sentimental, yang diterapkan dalam liturgi serta pengaturan dekoratif dan politik. Pematung terkemuka termasuk: Libero Andreotti, Arturo Martini, Giacomo manzu, Nicola Neonato, Pietro Guida, Marcello Mascherini.

  •       Istilah Arte Povera diperkenalkan di Italia selama periode pergolakan di akhir tahun 1960-an, ketika seniman mengambil sikap radikal.Yang paling luas koleksi publik karya dari gerakan Arte Povera adalah di Kunstmuseum Liechtenstein.

  •       Transavantgarde adalah versi Italia Neo-ekspresionisme, sebuah gerakan seni yang melanda Italia, dan sisanya dari Eropa Barat, di akhir 1970-an dan 1980-an. The Transavantgarde Istilah ini diciptakan oleh kritikus seni Italia, Achille Bonito Oliva, dan secara harfiah berarti melampaui avant-garde. Gerakan seni ini memperkenalkan kembali emosi-terutama sukacita kembali ke dalam lukisan dan patung. Para seniman menghidupkan kembali seni figuratif dan simbolisme. Para seniman Transavantgarde utama adalah Sandro Chia, Francesco Clemente, Enzo Cucchi, Nicola de Maria, Mimmo Paladino dan Remo Salvadori.

  •     Italia desain interior di abad ke-20 terutama terkenal dan tumbuh dengan ketinggian kelas dan kecanggihan. Pada awalnya, pada awal abad ke-20, desainer furnitur Italia berjuang untuk menciptakan keseimbangan yang sama antara keanggunan klasik dan kreativitas modern, dan pada awalnya, Italia interior desain pada 1910-an dan 1920-an sangat mirip dengan French gaya art deco, menggunakan eksotis bahan dan menciptakan furnitur mewah. Namun, Italia art deco mencapai puncaknya di bawah Gio Ponti, yang membuat desain nya yang canggih, elegan, stylish dan halus, tapi juga modern, eksotis dan kreatif. Pada tahun 1926, gaya baru perabotan muncul di Italia, yang dikenal sebagai "Razionalismo", atau "Rasionalisme". Yang paling sukses dan terkenal dari Rasionalis adalah Grup 7, yang dipimpin oleh Luigi Figini, Gino Pollini dan Giuseppe Terragni.

Pematung terkemuka 1930-40 hingga 2000 termasuk Marino Marini, Emilio Greco, Pino Pascali, Mario Ceroli, Giovanni e Arnaldo Pomodoro, Umberto Mastroianni, Ettore Colla.

Pelukis terkemuka 1930-40 hingga 2000 termasuk Alberto Savinio, Giorgio de Chirico, Giorgio Morandi, Alberto Magnelli, Felice Casorati, Roberto Melli, Corrado Cagli, Gianfilippo Usellini, Pietro Annigoni, Renato Guttuso, Lucio Fontana, Giovanni Capogrossi, Enrico Accatino, Antonio Donghi, Oreste Carpi, Fausto Pirandello, Afro Basaldella, Alberto Burri, Mimmo Rotella, Franco Nonnis, Domenico Gnoli, Valerio Adami, Piero Manzoni, Emilio Tadini, Salvatore Provino, Mino Argento.

Bibit baru seniman Italia kontemporer seperti Gaspare Manos sedang mengembangkan bahasa yang lebih global yang mengacu pada pengalaman pribadi yang luas internasional kehidupan dan budaya peregangan selama beberapa benua dan beberapa dekade perjalanan. Artis seperti berpikir secara lokal dan bertindak secara global, seperti Rabarama yang telah pematung Italia pertama yang berkolaborasi dengan Cirque du Soleil. [4] Sebuah setara di Spanyol misalnya adalah pelukis Miquel Barcelo.
 
Seniman italia
1. MICHELANGELO (1475 - 1564)



  



Nama Lengkap : Michelangelo
Tempat Lahir : Italia
Tanggal Lahir : Sabtu, 6 Maret 1475
Zodiac : Pisces
          Michelangelo adalah sebuah pematung Renaissance Italia, pelukis, arsitek, penyair dan insinyur yang memberikan pengaruh yang tak tertandingi pada perkembangan seni barat. Dengan kepandaian dan kemampuannya dalam dunia seni, ia sering dianggap sebagai pesaing seni karena gelarnya akan Renaissance Man bersama dengan rekannya, Leonardo da Vinci. Michelangelo dianggap sebagai seniman terbesar yang hidup pada masanya.
Banyak karya-karyanya dalam lukisan, patung dan arsitektur menduduki di antara yang paling terkenal yang pernah ada. Ia adalah artis terbaik dari abad ke-16. Dua karyanya yang paling terkenal adalah pahatan patung Pietà dan David, dipahat sebelum ia berusia tiga puluh. Meskipun Michelangelo memiliki pandangan rendah terhadap lukisan, ia sanggup menciptakan dua karya yang paling berpengaruh dalam sejarah seni Barat seperti gambar pemandangan Genesis on the ceiling dan The Last Judgment di dinding altar Kape Sistine, Roma. Sebagai seorang arsitek, Michelangelo memelopori gaya Mannerisme di Perpustakaan Laurentian. Di usia 74 ia berhasil membantu Antonio da Sangallo the Younger sebagai arsitek St. Peter's Basilica.

Michelangelo adalah artis barat pertama yang biografinya diterbitkan ketika ia masih hidup. Dua biografi diterbitkan selama hidupnya, salah satunya oleh Giorgio Vasari, mengemukakan bahwa Michelangelo adalah puncak dari semua pencapaian artistik sejak awal Renaissance. Dalam hidupnya ia juga sering disebut sebagai II Divino "The Divine One". Salah satu kualitas karya seni yang paling dikagumi oleh orang-orang sejamannya adalah terribilità miliknya.
karya:
   Sumber : Wikipedia.com, Michael H Hart

2. Leonardo da Vinci  (1452-1519)



              Nama Lengkap : Leonardo Da Vinci
              Tempat Lahir : Italia
              Tanggal Lahir : Kamis, 15 April 1452
              Zodiac : Aries
              Warga Negara : Italia
              Wafat : 2 Mei 1519

Leonardo da Vinci adalah pelukis, pematung, arsitek, musisi, ilmuwan, matematikawan, insinyur, penemu, ahli anatomi, ahli geologi, pembuat peta, ahli botani, dan penulis. Kejeniusannya, mungkin lebih dari setiap tokoh lainnya, melambangkan teladan humanis Renaissance. Leonardo sering digambarkan sebagai contoh sempurna dari Renaissance Man, seorang pria dengan rasa ingin tahu tak terpadamkan, imajinasi yang berdayacipta. Da Vinci secara luas dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar sepanjang masa. Leonardo da Vinci wafat di Clos Lucé  dan dimakamkan di Kapel St. Hubert di kastel Amboise, Perancis.

Karya :

 

                                  Sumber : Wkipedia.com, Michael H Hart





Daftar pustaka




Tidak ada komentar:

Posting Komentar