Nama Kelompok :
1. Idah
2. Ina
Bania Septiani
3. Laras
Widiyah Koswara
4. Mayyuliani
Putri Dewi
5. Misriatun
Kelas : XII.IPA.1
Seni Rupa Modern dan
Kontemporer
- Seni Rupa Modern
Seni rupa Modern yaitu istilah umum yang
digunakan untuk kecenderungan karya seni yang diproduksi sejak akhir abad ke-19
hingga sekitar tahun 1970-an. Seni rupa modern menunjuk kepada suatu pendekatan
baru dalam seni dimana tidak lagi mementingkan representasi subjek secara
realistik—penemuan fotografi menyebabkan fungsi penggambaran di dalam seni
menjadi absolut, para seniman modern bereksperimen mengeksplorasi cara baru
dalam melihat sesuatu, dengan ide segar tentang alam, material dan fungsi ini,
seringkali bergerak melaju ke arah abstraksi.
Modernisme adalah aliran atau
mazhab estetika pembaruan yang mengiringi perkembangan desain dan seni rupa
pada umumnya menjelang abad ke-20. Pada perkembangan akhir modernisme,
cenderung mengagungkan fungsi menjadi nafas utama paham ini, terbukti hanya
menampilkan bentuk kaku, kering dan mengakui seniman sebagai “Manusia Jenius”.
Setiap karya seni modern selalu
disertakan nama senimannya tersebut. Karya seni modern cenderung mengedepankan
kesederhanaan dan bersifat universal. Seorang seniman modern akan melihat dunia
yang sedang dihadapinya sebagai objek lukisan seolah-olah seperti baru saja
objek itu diciptakan. Satu syarat yang masih dituntut oleh seni modern
danbahkan menjadi ciri khasnya ialah “kreativitas”.
2. Seni Rupa Kontemporer
Karya seni rupa kontemporer adalah karya seni rupa masa kini. Kontemporer itu
artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan
kondisi waktu yang sama atau saat ini; jadi seni kontemporeradalah seni yang
tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman
sekarang.
Lukisan kontemporer adalah karya yang secara tematik merefleksikansituasi
waktu yang sedang dilalui. Misalnya lukisan yang tidak lagi terikat
padaRennaissance. Begitu pula dengan tarian, lebih kreatif dan modern. Kata
“kontemporer” yang berasal dari kata “co” (bersama) dan “tempo” (waktu).
Sehingga menegaskan bahwa seni kontemporer adalah karya yang secara tematik
merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui. Atau pendapat yang mengatakan
bahwa“seni rupa kontemporer adalah seni yang melawan tradisi modernisme Barat”.
Ini sebagai pengembangan dari wacana pascamodern (postmodern art) dan
pascakolonialisme yang berusaha membangkitkan wacana pemunculan indigenous
art(seni pribumi). Atau khasanah seni lokal yang menjadi tempat tinggal
(negara) paraseniman. Dalam pengertian lain, menurut kamus umum bahasa
Indonesia susunan J.S Badududan Muhammad Zaid, terdapat tiga leksikal tentang
kata kontemporer, yaitu pertama“semasa atau sezaman”, kedua “bersamaan waktu”,
dan yang ketiga adalah “masa kini atau dewasa ini”.
Sejak tahun 1990-an, seni lukis dan fotografi dari Jerman
meraih sukses besar di dunia internasional. Apa yang disebut “keajaiban lukisan
baru Jerman” dikenal di luar negeri sebagai “Young German Artists”. Para
seniman berasal dari Leipzig, Berlin atau Dresden. Neo Rauch adalah wakil
paling tenar dari “Mazhab Leipzig Baru”. Gaya mazhab tersebut ditandai oleh
realisme baru yang berkembang – bebas ideologi – dari “Mazhab Leipzig” lama,
yang termasuk lingkup seni rupa bekas RDJ. Lukisannya sering memperlihatkan
orang-orang pucat yang seolah-olah menunggu sesuatu yang tak tentu. Motif itu
dapat ditafsirkan sebagai pantulan keadaan di Jerman pada awal milenium baru.
Apa yang disebut “Dresden Pop”, di antaranya Thomas Scheibitz, memetik unsur
dari iklan dan dari estetika video dan televisi sambil bermain dengan estetika
swakaji mengenai sini dan kini. Kebanyakan seniman generasi menengah menganggap
pembahasan kritis mengenai nasionalsosialisme, seperti yang ditemukan dalam karya
Hans Haacke, Anselm Kiefer dan Joseph Beuys, sebagai urusan masa lampau.
Sebaliknya yang tampak di kalangan perupa ialah “kebatinan baru” serta
penggarapan bidang-bidang pengalaman yang saling berbenturan: Karya-karya
Jonathan Meese dan André Butzer mencerminkan depresi dan fenomena-fenomena
obsesi; kedua perupa itu dianggap sebagai wakil “realisme neurotik”. Dengan
karyanya “Mental Maps”, Franz Ackermann menggambarkan dunia sebagai desa global
dan memperlihatkan musibah yang berlangsung di balik layar. Tino Sehgal
menghasilkan karya seni yang eksistensinya terbatas pada waktu
“performance”-nya dan yang tidak boleh direkam; ia mencari bentuk produksi dan
bentuk komunikasi di luar batas ekonomi pasaran.
Besarnya perhatian kepada seni rupa di Jerman tercermin pula dalam pameran documentayang diselenggarakan lima tahun sekali di Kassel sebagai pameran seni rupa aktual yang terkemuka di dunia; documenta 13 akan dibuka pada tanggal 9 Juni 2012. Berbeda dengan seni rupa – yang arti pentingnya digarisbawahi oleh pendirian sejumlah museum swasta baru – seni fotografi harus berjuang lama sampai diakui sebagai bentuk seni yang mandiri. Sebagai pelopor pada tahun 1970-an dikenal Katharina Sieverding dengan rangkaian potret dirinya yang menelusuri batas antara individu dan masyarakat. Terobosan terjadi pada tahun 1990-an dengan sukses yang diraih tiga murid dari Bernd dan Hilla Becher, pasangan suami istri fotografer: Dalam karya foto mereka, Thomas Struth, Andreas Gursky dan Thomas Ruff menimbulkan realitas mengilap yang menyembunyikan sesuatu. Pengaruh kelompok ini terhadap corak fotografi internasional begitu besar sehingga mereka dinamakan “Struffsky” saja.
Besarnya perhatian kepada seni rupa di Jerman tercermin pula dalam pameran documentayang diselenggarakan lima tahun sekali di Kassel sebagai pameran seni rupa aktual yang terkemuka di dunia; documenta 13 akan dibuka pada tanggal 9 Juni 2012. Berbeda dengan seni rupa – yang arti pentingnya digarisbawahi oleh pendirian sejumlah museum swasta baru – seni fotografi harus berjuang lama sampai diakui sebagai bentuk seni yang mandiri. Sebagai pelopor pada tahun 1970-an dikenal Katharina Sieverding dengan rangkaian potret dirinya yang menelusuri batas antara individu dan masyarakat. Terobosan terjadi pada tahun 1990-an dengan sukses yang diraih tiga murid dari Bernd dan Hilla Becher, pasangan suami istri fotografer: Dalam karya foto mereka, Thomas Struth, Andreas Gursky dan Thomas Ruff menimbulkan realitas mengilap yang menyembunyikan sesuatu. Pengaruh kelompok ini terhadap corak fotografi internasional begitu besar sehingga mereka dinamakan “Struffsky” saja.
Seni Jerman memiliki tradisi panjang dan terhormat dalam seni visual, dari
karya awal dikenal seni figuratif output saat
ini seni kontemporer.
Jerman hanya telah bersatu menjadi satu negara sejak abad ke-19, dan mendefinisikan perbatasan telah menjadi proses sangat sulit dan menyakitkan. Untuk periode sebelumnya seni Jerman sering efektif termasuk yang diproduksi di daerah berbahasa Jerman termasuk Austria, Alsace dan banyak Swiss, serta kota-kota sebagian besar berbahasa Jerman atau daerah di sebelah timur perbatasan Jerman
Jerman hanya telah bersatu menjadi satu negara sejak abad ke-19, dan mendefinisikan perbatasan telah menjadi proses sangat sulit dan menyakitkan. Untuk periode sebelumnya seni Jerman sering efektif termasuk yang diproduksi di daerah berbahasa Jerman termasuk Austria, Alsace dan banyak Swiss, serta kota-kota sebagian besar berbahasa Jerman atau daerah di sebelah timur perbatasan Jerman
Seni abad pertengahan Jerman benar-benar dimulai dengan Kekaisaran Frank Charlemagne negara pertama yang memerintah
sebagian besar wilayah
modern Jerman, serta
Perancis dan sebagian besar Italia. Seni Carolingian
dibatasi jumlah yang relatif kecil
dari benda-benda yang
dihasilkan untuk lingkaran di
sekitar lapangan dan sejumlah
biara Imperial mereka
disponsori, tapi memiliki
pengaruh besar pada seni abad pertengahan kemudian seluruh Eropa. Jenis yang paling umum dari objek untuk bertahan
hidup adalah manuskrip bergambar;
lukisan dinding yang jelas umum tetapi, seperti
bangunan yang menampung mereka, telah hampir
semua lenyap
The Reichenau gaya menggunakan bentuk sederhana dan
berpola untuk membuat gambar ekspresif kuat, jauh
dari aspirasi klasik seni Carolingian, dan melihat
ke depan untuk Romawi. Kayu Gero Cross 965-970 di Katedral Cologne adalah
yang tertua dan terbaik awal abad
pertengahan di dekat seukuran angka salib; sejarawan
seni telah enggan untuk
kredit catatan memberikan tanggal sampai mereka dikonfirmasi
oleh dendrochronology pada
tahun 1976. Seperti di seluruh
Eropa, logam masih bentuk paling
bergengsi seni, dalam
karya-karya seperti jewelled Salib Lothair, dibuat sekitar
1000, mungkin di Cologne.
Ukiran Romawi dari Maria Laach Abbey.
Seni Romawi adalah gerakan seni pertama yang mencakup seluruh Eropa Barat, meskipun dengan varietas regional. Jerman adalah bagian sentral dari gerakan, meskipun arsitektur Romawi Jerman memanfaatkan agak kurang dari patung daripada Perancis
Seperti itu dari Pacher, bengkel Bernt Notke, seorang pelukis dari kota Hanseatic Lübeck, baik dicat altarpieces atau diukir mereka dalam gaya yang semakin rumit dicat dan disepuh digunakan sebagai kerangka kerja atau alternatif untuk panel dicat. Patung kayu Jerman selatan itu penting dalam mengembangkan mata pelajaran baru yang mencerminkan kehidupan ibadah intens emosional didorong oleh gerakan-gerakan pada akhir abad pertengahan Katolik seperti mistisisme Jerman. Ini sering dikenal dalam bahasa Inggris sebagai andachtsbilder (gambar ibadah) dan termasuk Pietà, termenung Kristus, Man of Sorrows, Arma Christi, Tabir Veronica, potongan kepala Yohanes Pembaptis, dan Virgin of Sorrows, banyak yang akan menyebar di seluruh Eropa dan tetap populer sampai Baroque dan, dalam pencitraan keagamaan populer, di luar. Memang "Akhir Gothic Baroque" adalah istilah kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan hiper-dihiasi dan emosional seni abad ke-15, di atas semua di Jerman.
Martin Schongauer, yang bekerja di Alsace di bagian terakhir dari abad ke-15, adalah puncak dari akhir lukisan Gothic Jerman, dengan gaya yang canggih dan harmonis
Ukiran Romawi dari Maria Laach Abbey.
Seni Romawi adalah gerakan seni pertama yang mencakup seluruh Eropa Barat, meskipun dengan varietas regional. Jerman adalah bagian sentral dari gerakan, meskipun arsitektur Romawi Jerman memanfaatkan agak kurang dari patung daripada Perancis
Seperti itu dari Pacher, bengkel Bernt Notke, seorang pelukis dari kota Hanseatic Lübeck, baik dicat altarpieces atau diukir mereka dalam gaya yang semakin rumit dicat dan disepuh digunakan sebagai kerangka kerja atau alternatif untuk panel dicat. Patung kayu Jerman selatan itu penting dalam mengembangkan mata pelajaran baru yang mencerminkan kehidupan ibadah intens emosional didorong oleh gerakan-gerakan pada akhir abad pertengahan Katolik seperti mistisisme Jerman. Ini sering dikenal dalam bahasa Inggris sebagai andachtsbilder (gambar ibadah) dan termasuk Pietà, termenung Kristus, Man of Sorrows, Arma Christi, Tabir Veronica, potongan kepala Yohanes Pembaptis, dan Virgin of Sorrows, banyak yang akan menyebar di seluruh Eropa dan tetap populer sampai Baroque dan, dalam pencitraan keagamaan populer, di luar. Memang "Akhir Gothic Baroque" adalah istilah kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan hiper-dihiasi dan emosional seni abad ke-15, di atas semua di Jerman.
Martin Schongauer, yang bekerja di Alsace di bagian terakhir dari abad ke-15, adalah puncak dari akhir lukisan Gothic Jerman, dengan gaya yang canggih dan harmonis
Seni Rupa Mancanegara Jerman-Topeng(mask)
Berikut
ini adalah karya seni otentik dari pedesaan rakyat Jerman, yang biasanya
digunakan dalam perayaan tradisional atau karnaval. Topeng Ini memiliki nilai
seni yang tinggi, dilihat dari kekhasan gaya
ukirannya yang terbaik di Eropa.
Sumber
: http://masterseni.web.id
IDENTIFIKASI
KARYA SENI RUPA TERAPAN TOPENG JERMAN
Ukuran
:
9 inch
Bahan
: Kayu
Teknik
: Pahat
1.
Kayu yang telah tua
digergaji seukuran 9 inch lingkaran.
2.
Kayu dikeringkan
dengan cara pengangin-anginan.
3.
Ketika getah kayu
telah hilang kayu mulai proses pendesaian bentuk.
4.
Desain fix
dilanjutkan dengan pencukilan bagian yang tidak penting bertahap hingga membentuk topeng yang diinginkan.
5.
Penghalusan tekstur
topeng dengan teknik amplas atau gosok dengan kain kasar.
6.
Pewarnaan dengan
cat minyak berbasis kayu, pada bagian-bagian.
7.
Finishing karya
dengan pernis atau glasir agar Nampak mengkilat dan menjaga warna.
Patung
Sumber
: Http://id.wikipedia.org/wiki/Bremen
Sumber
: Http://id.wikipedia.org/wiki/Bremen
Seni pahat patung di masa sebelum perang
didominasi oleh berbagai aliran seperti surealisme, kubisme dan ekspresionisme.
Tapi pada tahun 30 dan 40-an kekayaan akan nuansa aliran ini di Jerman
direpresi oleh aliran realisme-nya rezim NAZI. Perupa penting Jerman seperti
Ernst Barlach (1870-1938) dan Ewald Mataré (1887-1965) dikejar-kejar dan
dihalang-halangi untuk berkarya karena karya mereka oleh rezim NAZI Dalam
berkarya Barlach berkonsentrasi pada penampilan figur-figur manusia, sementara
Mataré lebih memilih binatang sebagai unsur penting obyek karyanya. Kesamaan
dari kedua perupa patung ini adalah karya-karya mereka tidak didominasi oleh
keadaan hektik sehari-hari, tapi terus mencoba mengangkat sesuatu yang
konstant, baik dalam alam maupun dalam eksistensi manusia. Penampilan manusia
tetap figuratif, sama dengan sosok manusia, patungnya berbentuk bulat dan
berat. Dalam akhir masa hidupnya Mataré juga mengangkat topik religius dan
merancang pintu dari perunggu untuk portal bagian selatan Katedral Köln dan
pintu-pintu gereja perdamaian dunia di Hiroshima.
Di bagian Katolik dari Jerman Selatan tradisi
Gothic ukiran kayu terus berkembang sampai akhir abad ke-18, beradaptasi dengan perubahan
dalam gaya selama berabad-abad. Veit Stoss (1533), Tilman Riemenschneider
(1531) dan Peter
Vischer Elder (1529) adalah sezaman Dürer,
dan karir yang panjang mereka ditutupi transisi antara periode Gothic dan
Renaissance, meskipun ornamen mereka sering
tetap Gothic bahkan
setelah komposisi mereka mulai mencerminkan prinsip-prinsip Renaissance. Dua setengah abad kemudian, Johann Joseph Kristen
dan Ignaz Gunther
adalah master terkemuka
di periode Baroque akhir, baik mati
di 1770-an akhir,
hampir satu dekade sebelum Revolusi Perancis. Unsur penting dalam pengaruh
interior Baroque Jerman
adalah pekerjaan Wessobrunner
Sekolah, istilah kemudian
untuk stuckists dari akhir abad ke-17
dan ke-18. Manifestasi
lain dari keterampilan patung Jerman itu dalam
porselen; yang modeller paling terkenal adalah Johann Joachim Kaendler pabrik
Meissen di Dresden,
tapi karya terbaik dari Franz Anton
Bustelli untuk Nymphenburg
Porcelain pabrik di
Munich
sering dianggap sebagai pencapaian
terbesar dari porselen abad ke-18.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar