NAMA :
1. SITI KARTIKA EKA PUTRI
2. SITI KHUDAEVAH
4. SITI MUAFAH
4. SIVA NURUNNISA
5. SOFATUL HASANAH
KELAS : XII IPA 1
Seni rupa modern dan kontemporer negara
Australia
Pengertian seni rupa modern dan kontemporer
Seni rupa Modern adalah istilah yang
sering digunakan untuk karya seni yang diproduksi sejak akhir abad 19 hingga
sekitar tahu 1970 an. Seni rupa modern menunjuk kepada suatu pendekatan baru
dalam seni dimana tidak lagi mementingkan representasi subjek secara realistis
penemuan fotografi yang menyebabkan fungsi penggambaran di dalam seni menjadi
absolut, para seniman modern berksperimen mengeksplorasi cara baru dalam
melihat sesuatu, dengan ide-ide yang segar tentang alam, material dan fungsi
ini, seringkali bergerak melaju kearah abstrak.
Seni rupa
modern adalah seni rupa yang tidak terbatas pada kebudayaan suatu adat atau
daerahnya, namun tetap pada sebuah filosofi dan aliran-aliran seni rupa.
Seni rupa kontemporer dapat diartikan
sebagai sebuah wacana dalam praktek seni rupa di Barat yaitu praktek seni rupa
yang menunjuk kepada kecenderungan posmodern. Kecenderungan ini menyiratkan
wacana dalam praktek seni rupa yang “anti modern”. Hal ini disebabkan karena
salah satu paradigma kemunculan posmodern adalah paradigma yang menolak
moernisme.
Seni
Kontemporer adalah salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak
modernisasi. Kontemporer itu artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya
adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini. Jadi
seni kontemporer adalah seni yang tidak terikat dengan aturan-aturan zaman dulu
dan berkembang sesuai zaman sekarang.
Seni rupa
modern dan kontemporer negara Australia
Modernisme tiba
di Australia pada awal abad ke-20. Di antara eksponen paling awal adalah Grace
Cossington Smith dan Margaret Preston. Artis seperti Hart Pro dan Ken Done
memberikan kontribusi bagi perkembangan modern, gaya populer seni Australia – seperti
yang pelukis dan seniman melakukan Rolf Harris . Humoris Barry Humphries telah
menjadi eksponen provactive dari Dadaism di Australia. Michael Leunig telah
menjadi seniman Australia yang telah mengembangkan gaya kartun terkenal puitis.
Di antara prinsip seniman Australia abad ke-20 adalah surealis Sidney Nolan , Arthur Boyd dan Russell Drysdale , yang avant-garde Brett Whiteley , pelukis / pematung William Dobell dan Norman Lindsay , yang landscapists Albert Namatjira dan Lloyd Rees , yang modernis fotografer Max Dupain , dan seniman Aborigin Emily Kame Kngwarreye. Masing-masing telah membantu untuk menentukan karakter yang unik dari seni rupa di Australia.
Di antara prinsip seniman Australia abad ke-20 adalah surealis Sidney Nolan , Arthur Boyd dan Russell Drysdale , yang avant-garde Brett Whiteley , pelukis / pematung William Dobell dan Norman Lindsay , yang landscapists Albert Namatjira dan Lloyd Rees , yang modernis fotografer Max Dupain , dan seniman Aborigin Emily Kame Kngwarreye. Masing-masing telah membantu untuk menentukan karakter yang unik dari seni rupa di Australia.
Seniman
modern di negara Australia
Brett
Whiteley
Gambar Brett Whiteley
Sumber : timemachinemag.com
Ia lahir pada tanggal 7 April 1939,
putra dari Clem Whiteley, seorang pengusaha kewirausahaan, dan istrinya Beryl
(née Martin). Whiteley selalu bisa menarik: ia memenangkan hadiah seni
pertamanya pada usia tujuh tahun. Ketika ia berusia sembilan orang tuanya
mengirimnya ke sekolah asrama di Skotlandia College Bathurst di sisi lain dari
Blue Mountains. The Whiteley muda tidak bahagia di sekolah dan tidak
berkembang. Namun ia datang untuk mencintai negara sekitar Bathurst.
Persahabatan itu abadi dari tahun-tahun ini termasuk artis Vernon Treweeke.
Pada tahun 1956, tahun setelah ia melihat pameran Lloyd Rees lukisan, Whiteley dianugerahi hadiah pertama sebagai Pelukis termuda di Bathurst Show. Dia meninggalkan sekolah pertengahan tahun dan mulai bekerja di departemen seni Advertising Agency Lintas. Dia terdaftar di kelas di Julian Ashton School dan juga bergabung dengan klub sketsa udara terbuka yang dilakukan oleh John Santry di tepi Sydney Harbour. Dia datang untuk mengetahui Lloyd Rees yang sering kelompok. Pada akhir pekan ia kembali ke dekat Bathurst untuk melukis sekitar kota pertambangan tua Hill End dan Sofala. Dia juga berkelana ke pantai selatan di sekitar Thirroul dan Wollongong.
Pada tahun 1956, tahun setelah ia melihat pameran Lloyd Rees lukisan, Whiteley dianugerahi hadiah pertama sebagai Pelukis termuda di Bathurst Show. Dia meninggalkan sekolah pertengahan tahun dan mulai bekerja di departemen seni Advertising Agency Lintas. Dia terdaftar di kelas di Julian Ashton School dan juga bergabung dengan klub sketsa udara terbuka yang dilakukan oleh John Santry di tepi Sydney Harbour. Dia datang untuk mengetahui Lloyd Rees yang sering kelompok. Pada akhir pekan ia kembali ke dekat Bathurst untuk melukis sekitar kota pertambangan tua Hill End dan Sofala. Dia juga berkelana ke pantai selatan di sekitar Thirroul dan Wollongong.
Pada
tahun 1959 artis dan kartunis William Pidgeon, yang merupakan teman keluarga,
mendorong dia untuk meninggalkan pekerjaannya dan berkonsentrasi pada lukisannya
Dia tiba di Naples pada 25 Februari
1960, dan menghabiskan beberapa bulan di Roma serta bepergian ke Florence dan
London. Lukisan Brett Whiteley pertama kali dipamerkan dengan galeri komersial
di London pada tahun 1960, dan pada akhir tahun pindah ke sebuah rumah di
Ladbroke Grove di London, di mana ia bertemu kembali dengan teman-teman dari
Sydney, termasuk Michael Johnson, dan bertemu ekspatriat Australia lainnya,
termasuk Arthur Boyd.
Tahun berikutnya karyanya termasuk dalam Survei Lukisan Australia terbaru di Galeri Seni Whitechapel, dan sebuah lukisan dari ini dibeli untuk Gallery Tate.Pada tahun 1967 ia dianugerahi Beasiswa Harkness Foundation dan pindah ke Amerika Serikat. Keluarga Whiteley (putri Arkie lahir pada tahun 1964) tinggal di sebuah penthouse di Hotel Chelsea.
Tahun berikutnya karyanya termasuk dalam Survei Lukisan Australia terbaru di Galeri Seni Whitechapel, dan sebuah lukisan dari ini dibeli untuk Gallery Tate.Pada tahun 1967 ia dianugerahi Beasiswa Harkness Foundation dan pindah ke Amerika Serikat. Keluarga Whiteley (putri Arkie lahir pada tahun 1964) tinggal di sebuah penthouse di Hotel Chelsea.
Pada bulan Juli 1969 keluarga Brett Whiteley
meninggalkan Amerika Serikat untuk hidup sederhana di Fiji, di mana mereka
ditangkap karena memiliki ganja dan dideportasi ke Australia, tiba di Sydney
pada bulan November. Mereka menyewa sebuah rumah yang menghadap ke Harbour di
Walker Jalan Lavender Bay; kemudian mereka membelinya dan dimodifikasi rumah
untuk tujuan mereka. Ketenaran internasional Brett Whiteley telah mendunia, dan
dia menikmati status bintang rock ia diberikan di media populer maupun di
kalangan artistik. Di Sydney, pada awal tahun 1970, dia dipandang sebagai seniman
besar.
Setelah itu ada karya yang lebih santai, karena dilihat dari Lavender Bay menjadi elemen yang dipengaruhi oleh keindahan Sydney Harbour. Lukisan-lukisan ini menjadi objek untuk kolektor seni Australia.
Brett Whiteley pertama kali dianugerahi Hadiah Archibald tahun 1976 untuk Self Portrait di Studio. Dia pindah ke studio sendiri pada tahun 1987.Setelah kematian Brett Whiteley keinginannya berhasil dibantah oleh putrinya Arkie, yang dianugerahi sebagian besar kekayaannya. Untuk menghormati ingatannya, ibunya, Brett Whiteley, mendirikan studio Brett Whiteley yang dikelola oleh Art Gallery of New South Wales.
Setelah itu ada karya yang lebih santai, karena dilihat dari Lavender Bay menjadi elemen yang dipengaruhi oleh keindahan Sydney Harbour. Lukisan-lukisan ini menjadi objek untuk kolektor seni Australia.
Brett Whiteley pertama kali dianugerahi Hadiah Archibald tahun 1976 untuk Self Portrait di Studio. Dia pindah ke studio sendiri pada tahun 1987.Setelah kematian Brett Whiteley keinginannya berhasil dibantah oleh putrinya Arkie, yang dianugerahi sebagian besar kekayaannya. Untuk menghormati ingatannya, ibunya, Brett Whiteley, mendirikan studio Brett Whiteley yang dikelola oleh Art Gallery of New South Wales.
Lukisan hasil karya Brett Whiteley
Sumber : kanalsatu.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar